Jumat, 30 Oktober 2009

Deskripsi pekerjaan/ Job Description

JOB DESCRIPTION

( Uraian Tugas, Wewenang, dan Tanggung Jawab )

1. Dewan Komisaris dan Direktur

Direktur merupakan pimpinan tertinggi perusahaan yang diangkat oleh dewan komisaris, adapun tugas-tugas direktur adalah;

- Memimpin dan membina perusahaan secara efektif dan efisien

- Menyusun dan melaksanakan kebijaksanaan umum perusahaan

- Mengadakan kerjasama dengan pihak luar mengadakan hubungan maupun kepentingan perusahaan.

- Mewakili perusahaan dalam mengadakan hubungan maupun perjanjian-perjanjian dengan pihak ketiga.

- Merencanakan dan mengawasi pelaksaan tugas setiap personalia yang bekerja pada perusahaan.

Dalam melaksanakan tugasnya, direktur dibantu oleh manager pemasaran, manager keungan, manager personalia, manager teknik dan manger produksi, (Berbasconi, 1987).

2. Sekretaris

Sekretaris diangkat oleh direktur utama untuk menangani masalah surat-menyurat untuk pihak perusahaan, menangani kearsipan dan pekerjaan lainnya untuk membantu direktur utama dalam menangani administrasi perusahaan, (Handoko, 1984)

3. Manager Pemasaran

Manager Pemasaran bertanggung jawab langsung kepada direktur. Tugasnya mengkoordinir segala kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran. Manager ini dibantu oleh dua kepala bagian, yaitu kepala bagian penjualan dan kapala bagian promosi, (Handoko, 1984).

4. Manager Keuangan

Manager Keuangan bertanggung jawab lagsung kepada direktur dalam mengawasi dan mengatur keuangan, dalam menjalankan tugasnya, manager keuangan dibantu oleh dua kepala bagian, yaitu kepala bagian pembukuan dan kepala bagian perpajakan, (Berbasconi, 1987).

5. Manager Personalia

Manager persoanalia bertanggung jawab langsung kepada direktur dalam mengawasi dan mengatur karyawan. Dalam menjalankan tugasnya, manager personalia dibantu oleh dua kepala bagian, yaitu kepala bagian kepegawaian dan kepala bagian humas, (Handoko, 1984).

6. Manager Teknik

Manager Teknik bertanggung jawab langsung kepada direktur dalam mengkoordinir segala kegiatan yang berhubungan dengan masalah teknik baik dilapangan maupun dikantor. Dalam menjalankan tugasnya, manager teknik dibantu oleh dua kepala bagian, yaitu kepala bagian mesin dan kepala bagian listrik, (Berbasconi, 1987).

7. Manager Produksi

Manager Produksi bertanggung jawab langsung kepada direktur dalam mengkoordinir segala kegiatan yang berhubungan dengan proses, baik dibagian produksi maupun utilitas. Dalam menjalankan tugasnya manager produksi dibantu oleh dua kepala bagian, yaitu kepala bagian proses dan kepala bagian utilitas.

8. Kepala Bagian Penjualan

Kepala bagian penjualan bertanggung jawab kepada manager pemasaran. Tugasnya adalah untuk mengkoordinir dan mengawasi segala kegiatan promosi.

9. Kepala Bagian Promosi

Kepala bagian promosi bertanggung jawab kepada manager pemasaran. Tugasnya adalah untuk mengkoordinir dan mengawasi segala kegiatan promosi.

10. Kepala Bagian Pembukuan

Kepala bagian pembukuan bertanggung jawab kepada manager keuangan. Tugasnya adalah untuk mengkoordinir dan mengawasi segala kegiatan pembukuan baik administrasi maupun akutansi. Dalam melaksanakan tugasnya kepala pembukuan dibantu oleh dua kepala seksi, yaitu seksi administrasi dan seksi akutansi.

11. Kepala Bagian Perpajakan

Kepala bagian perpajakan bertanggung jawab kepada manager keuangan. Kepala bagian ini bertugas mengkoordinir segala kegiatan yang berhubungan dengan perpajakan.

12. Kepala Bagian Kepegawaian

Kepala bagian kepegawaian bertanggung jawab kepada manager personalia. Tugasnya adalah mengawasi dan memperhatikan kinerja kerja serta kesejahteraan karyawan. Dalam melaksanakan tugasnya kepala bagian ini dibantu oleh dua kepala seksi kesehatan dan seksi keamanan.

13. Kepala Bagian Humas

Kepala bagian humas bertanggung jawab kepada manager personalia. Tugasnya adalah unutk menjalin hubungan anatara perusahaan dengan masyarakat setempat hubungan perusahaan dengan karyawan.

14. Kepala Bagian Mesin

Kepala bagian mesin bertanggung jawab kepada manager teknik. Tugasnya adalah menyusun program perawatan, pemeliharaan serta pengantian peralatan proses. Dalam melaksanakan tugasnya kepala bagian mesin dibantuoleh dua kepala seksi, yaitu seksi instrumentasi dan seksi pemeliharaan pabrik.

15. Kepala Bagian Listrik

Kepala bagian listrik bertanggung jawab kepada manager teknik. Tugasnya adalah mengkoordinir segala pemliharaan, pengamanan, perawatan dan perbaikan peralatan listrik.

16. Kepala Bagian Proses

Kepala bagian proses bertanggung jawab kepada manager produksi. Tugasnya adalah untuk mengkoordinir dan mengawasi segala kegiatan proses meliputi operasi, research & development dan laboratorium. Dalam melaksanakan tugasnya kepala bagian proses dibantu oleh tiga kepala seksi; seksi operasi, seksi research & development, dan seksi laboratorium.

17. Kepala bagian Utilitas

Kepala bagian utilitas bertanggung jawab kepada manager produksi. Tugasnya adalah untuk mengkoordinir dan mengawasi segala kegiatan utilitas meliputi pengolahan air dan limbah. Dalam melaksanakan tugasnya kepala bagian utilitas dibantu oleh dua kepala seksi yaitu seksi pengolahan air dan seksi pengolahan limbah, (Handoko, 1984).

18. Tenaga Kerja / Karyawan

Karyawan tiap-tiap departemen atau bagian bertanggung jawab kepada kepala seksi atau kepala bagian. Tugasnya melaksanakan setiap perintah kerja yang berhubungan instruksi kerja.

Jumlah tenaga kerja pada pabrik ini direncanakan kurang lebih 200 orang, dimana status tenaga kerja dibagi atas;

1. Tenaga kerja bulanan dengan pembayaran gaji sebulan sekali

2. Tenaga kerja harian dengan upah yang dibayar 2 minggu sekali

3. Tenaga kerja honorer/kontrak dengan upah dibayar sesuai perjanjian kontrak.

Besarnya gaji dan fasilitas kesejahteraan tenaga kerja bergantung pada tingkat pendidikan, jumlah jam kerja dan resiko kerja serta ditambah fasilitas-fasilitas tambahan yang diberikan oleh perusahaan.

Pabrik ini direncanakan beroperasi selama 350 hari pertahun secara kontinu 24 jam sehari, untuk pengaturan jam kerja karyawan digolongkan menjadi dua bagian, yaitu;

- Karyawan Non-Shift; karyawan yang tidak berhubungan langsung dengan proses produksi, misalnya bagian administrasi, bagian gudang dengan jam kerja seminggu selama 45 jam dan selebihnya dianggap lembur.

- Karyawan Shift; karyawan yang berhubungan langsung dengan proses produksi yang memerlukan pengawasan secara terus-menerus selama 24 jam, yaitu bagian proses/operasi, utilitas, kamar listrik (genset), keamanan, laboratorium /QC, dan supir.

JOB SPECIFICATION

Dewan Komisaris dan direksi:

- Pendidikan minimal S2

- Berpengalaman dalam mengadakan perjanjian antar perusahaan

- Mampu bekerja sama dengan seluruh unit pekerja dengan baik

- Bertanggung jawab, jujur serta loyal terhadap perusahaan

Sekretaris:

- Pendidikan minimal S1

- Wanita

- Berpenampilan menarik

- Berpengalaman dan mampu membantu direktur dalam urusan administrasi

- Jujur, bertanggung jawab, dan loyal terhadap perusahaan

Manager Pemasaran:

- Berpendidikan min. S2 bidang marketing

- Berpengalaman dalam pemasaran dan promosi

- Sehat jasmani dan rohani

- Jujur, mampu berkomunikasi dengan baik

- Professional

Manajer Keuangan

- Berpendidikan minimal S2 Bidang Akutansi

- Jujur

- Bertanggungjawab

- Maksimal berusia 45 tahun

- Berdedikasi tinggi terhadap pekerjaan

Manajer Personalia

- Pendidikan minimal S2

- Mampu berkomunikasi dengan baik terhadap karyawan

- Bertanggungjawab

- Berkelakuan baik

Manajer Teknik

- Berpendidikan minimal S2 Bidang Teknik

- Menguasai mesin dengan baik

- Mampu mengkoordinir dan mengatasi permasalahan mesin

- Bertanggung jawab

Manajer Produksi

- Berpendidikan minimal S2 Bidang Industri

- Mengerti jalannya proses produksi dengan baik

- Memahami peralatan dan kebutuhan produksi

- Bertanggungjawab

Kepala Bagian Penjualan

- Berpendidikan minimal S1 Bagian Marketing

- Mampu mengkoordinir dan mengawasi segala kegiatan penjualan

- Berdedikasi tinggi dan bertanggungjawab

Kepala Bagian promosi

- Berpendidikan minimal S1 bidang marketing

- Mampu mengkoordir dan mengawasi segala kegiatan promosi dan periklanan

- Mampu berkomunikasi dengan baik

Kepala Bagian Pembukuan

- Minimal berpendidkan S1 bidang Akutansi

- Dapat menyusun laporan pembukuan perusahaan dengan baik

- Jujur, bertanggungjawab

- Mampu mengkoordinir dan mengawasi pembukuan baik administrasi maupun akutansi

Share

3 komentar:

  1. Rachmat Trihartadhi28 Oktober 2010 17.51

    Mas Eko yang baik,
    Perkenalkan, saya Rachmat Trihartadhi. Saya menkopi artikel anda di atas untuk menambah pengetahuan saya mengenai management. Atas artikelnya saya ucapakan terimakasih.

    BalasHapus
  2. Mas Eko, ijin copy untuk tugas kuliah adik saya
    terimakasih

    BalasHapus
  3. mohon ijin copy, untuk tugas kuliah. terima kasih

    BalasHapus