Jumat, 23 Oktober 2009

Pengujian Organoleptik, Pengawasan Mutu Fisik

BAB I. PENDAHULUAN

Pengindraan, Rangsangan dan Kesan

Pengujian organoleptik adalah pengujian yang didasarkan pada proses pengindraan. Pengindraan diartikan sebagai suatu proses fisio-psikologis, yaitu kesadaran atau pengenalan alat indra akan sifat-sifat benda karena adanya rangsangan yang diterima alat indra yang berasal dari benda tersebut. Pengindraan dapat juga berarti reaksi mental (sensation) jika alat indra mendapat rangsangan (stimulus). Reaksi atau kesan yang ditimbulkan karena adanya rangsangan dapat berupa sikap untuk mendekati atau menjauhi, menyukai atau tidak menyukai akan benda penyebab rangsangan. Kesadaran, kesan dan sikap terhadap rangsangan adalah reaksi psikologis atau reaksi subyektif. Pengukuran terhadap nilai / tingkat kesan, kesadaran dan sikap disebut pengukuran subyektif atau penilaian subyektif. Disebut penilaian subyektif karena hasil penilaian atau pengukuran sangat ditentukan oleh pelaku atau yang melakukan pengukuran.

Jenis penilaian atau pengukuran yang lain adalah pengukuran atau penilaian suatu dengan menggunakan alat ukur dan disebut penilaian atau pengukuran instrumental atau pengukuran obyektif. Pengukuran obyektif hasilnya sangat ditentukan oleh kondisi obyek atau sesuatu yang diukur. Demikian pula karena pengukuran atau penilaian dilakukan dengan memberikan rangsangan atau benda rangsang pada alat atau organ tubuh (indra), maka pengukuran ini disebut juga pengukuran atau penilaian subyketif atau penilaian organoleptik atau penilaian indrawi. Yang diukur atau dinilai sebenarnya adalah reaksi psikologis (reaksi mental) berupa kesadaran seseorang setelah diberi rangsangan, maka disebut juga penilaian sensorik.

Rangsangan yang dapat diindra dapat bersifat mekanis (tekanan, tusukan), bersifat fisis (dingin, panas, sinar, warna), sifat kimia (bau, aroma, rasa). Pada waktu alat indra menerima rangsangan, sebelum terjadi kesadaran prosesnya adalah fisiologis, yaitu dimulai di reseptor dan diteruskan pada susunan syaraf sensori atau syaraf penerimaan. Mekanisme pengindraan secara singkat adalah :

1. Penerimaan rangsangan (stimulus) oleh sel-sel peka khusus pada indra

2. Terjadi reaksi dalam sel-sel peka membentuk energi kimia

3. Perubahan energi kimia menjadi energi listrik (impulse) pada sel syaraf

4. Penghantaran energi listrik (impulse) melalui urat syaraf menuju ke syaraf pusat otak atau sumsum belakang.

5. Terjadi interpretasi psikologis dalam syaraf pusat

6. Hasilnya berupa kesadaran atau kesan psikologis.

Bagian organ tubuh yang berperan dalam pengindraan adalah mata, telinga, indra pencicip, indra pembau dan indra perabaan atau sentuhan. Kemampuan alat indra memberikan kesan atau tanggapan dapat dianalisis atau dibedakan berdasarkan jenis kesan, intensitas kesan, luas daerah kesan, lama kesan dan kesan hedonik. Jenis kesan adalah kesan spesifik yang dikenali misalnya rasa manis, asin.. Intensitas kesan adalah kondisi yang menggambarkan kuat lemahnya suatu rangsangan, misalnya kesan mencicip larutan gula 15 % dengan larutan gula 35 % memiliki intensitas kesan yang berbeda. Luas daerah kesan adalah gambaran dari sebaran atau cakupan alat indra yang menerima rangsangan. Misalnya kesan yang ditimbulkan dari mencicip dua tetes larutan gula memberikan luas daerah kesan yang sangat berbeda dengan kesan yang dihasilkan karena berkumur larutan gula yang sama. Lama kesan atau kesan sesudah “after taste” adalah bagaimana suatu zat rangsang menimbulkan kesan yang mudah atau tidak mudah hilang setelah mengindraan dilakukan. Rasa manis memiliki kesan sesudah lebih rendah / lemah dibandingkan dengan rasa pahit. Rangsangan penyebab timbulnya kesan dapat dikategorikan dalam beberapa tingkatan, yang disebut ambang rangsangan (threshold). Dikenal beberapa ambang rangsangan, yaitu ambang mutlak (absolute threshold), ambang pengenalan (Recognition threshold), ambang pembedaan (difference threshold) dan ambang batas (terminal threshold). Ambang mutlak adalah jumlah benda rangsang terkecil yang sudah mulai menimbulkan kesan. Ambang pengenalan sudah mulai dikenali jenis kesannya, ambang pembedaan perbedaan terkecil yang sudah dikenali dan ambang batas adalah tingkat rangsangan terbesar yang masih dapat dibedakan intensitas.

Kemampuan memberikan kesan dapat dibedakan berdasarkan kemampuan alat indra memberikan reaksi atas rangsangan yang diterima. Kemampuan tersebut meliputi kemampuan mendeteksi ( detection ), mengenali (recognition), membedakan ( discrimination ), membandingkan ( scalling ) dan kemampuan menyatakan suka atau tidak suka ( hedonik ). Perbedaan kemampuan tersebut tidak begitu jelas pada panelis. Sangat sulit untuk dinyatakan bahwa satu kemampuan sensori lebih penting dan lebih sulit untuk dipelajari. Karena untuk setiap jenis sensori memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, dari yang paling mudah hingga sulit atau dari yang paling sederhana sampai yang komplek (rumit).

BAB II. PERSIAPAN UJI ORGANOLEPTIK

A. Panelis

Untuk melaksanakan penilaian organoleptik diperlukan panel. Dalam penilaian suatu mutu atau analisis sifat-sifat sensorik suatu komoditi, panel bertindak sebagai instrumen atau alat. Panel ini terdiri dari orang atau kelompok yang bertugas menilai sifat atau mutu komoditi berdasarkan kesan subjektif. Orang yang menjadi anggota panel disebut panelis.

Dalam penilaian organoleptik dikenal tujuh macam panel, yaitu panel perseorangan, panel terbatas, panel terlatih, panel agak terlatih, panel konsumen dan panel anak-anak. Perbedaan ketujuh panel tersebut didasarkan pada keahlian dalam melakukan penilaianorganoleptik.

  1. Panel Perseorangan

Penel perseorangan adalah orang yang sangat ahli dengan kepekaan spesifik yang sangat tinggi yang diperoleh karena bakat atau latihan-latihan yang sangat intensif. Panel perseorangan sangat mengenal sifat, peranan dan cara pengolahan bahan yang akan dinilai dan menguasai metode-metode analisis organoleptik dengan sangat baik. Keuntungan menggunakan panelis ini adalah kepekaan tinggi, bias dapat dihindari, penilaian efisien dan tidak cepat fatik. Panel perseorangan biasanya digunakan untuk mendeteksi jangan yang tidak terlalu banyak dan mengenali penyebabnya. Keputusan sepenuhnya ada pada seorang.

  1. Panel Terbatas

Panel terbatas terdiri dari 3-5 orang yang mempunyai kepekaan tinggi sehingga bias lebih di hindari. Panelis ini mengenal dengan baik faktor-faktor dalam penilaian organoleptik dan mengetahui cara pengolahan dan pengaruh bahan baku terhadap hasil akhir. Keputusan diambil berdiskusi diantara anggota-anggotanya.

  1. Panel Terlatih

Panel terlatih terdiri dari 15-25 orang yang mempunyai kepekaan cukup baik. Untuk menjadi terlatih perlu didahului dengan seleksi dan latihan-latihan. Panelis ini dapat menilai beberapa rangsangan sehingga tidak terlampau spesifik. Keputusan diambil setelah data dianalisis secara bersama.

  1. Panel Agak Terlatih

Panel agak terlatih terdiri dari 15-25 orang yang sebelumya dilatih untuk mengetahui sifat-sifat tertentu.. panel agak terlatih dapat dipilih dari kalangan terbatas dengan menguji datanya terlebih dahulu. Sedangkan data yang sangat menyimpang boleh tidak digunakan dalam keputusannya

  1. Panel Tidak Terlatih

Panel tidak terlatih terdiri dari 25 orang awam yang dapat dipilih berdasarkan jenis suku-suku bangsa, tingkat sosial dan pendidikan. Panel tidak terlatih hanya diperbolehkan menilai alat organoleptik yang sederhana seperti sifat kesukaan, tetapi tidak boleh digunakan dalam . untuk itu panel tidak terlatih biasanya dari orang dewasa dengan komposisi panelis pria sama dengan panelis wanita.

  1. Panel Konsumen

Panel konsumen terdiri dari 30 hingga 100 orang yang tergantung pada target pemasaran komoditi. Panel ini mempunyai sifat yang sangat umum dan dapat ditentukan berdasarkan perorangan atau kelompok tertentu.

  1. Panel Anak-anak

Panel yang khas adalah panel yang menggunakan anak-anak berusia 3-10 tahun. Biasanya anak-anak digunakan sebagai panelis dalam penilaian produk-produk pangan yang disukai anak-anak seperti permen, es krim dan sebagainya.

Cara penggunaan panelis anak-anak harus bertahap, yaitu dengan pemberitahuan atau dengan bermain bersama, kemudian dipanggil untuk diminta responnya terhadap produk yang dinilai dengan alat bantu gambar seperti boneka snoopy yang sedang sedih, biasa atau tertawa.

Keahlian seorang panelis biasanya diperoleh melalui pengalaman dan latihan yang lama. Dengan keahlian yang diperoleh itu merupakan bawaan sejak lahir, tetapi untuk mendapatkannya perlu latihan yang tekun dan terus-menerus.

B. Seleksi Panelis

Untuk mendapatkan panelis yang diinginkan, khususnya jenis panel terlatih perlu dilakukan tahap-tahap seleksi. Syarat umum untuk menjadi panelis adalah mempunyai perhatian dan minat terhadap pekerjaan ini, selain itu panelis harus dapat menyadiakan waktu khusus untuk penilaian serta mempunyai kepekaan yang dibutuhkan.

Pemilihan anggota panel perlu dilakukan untuk suatu grup panelis yang baru atau unutk mempertahankan anggota dalam grup tersebut.

Tahap-tahap seleksi adalah sebagai berikut :

  1. Wawancara

Wawancara dapat dilaksanakan dengan tanya jawab atau kuesioner yang bertujuan untuk mengetahui latar belakang calon termasuk kondisi kesehatannya.

  1. Tahap Penyaringan

Tahap ini perlu dilakukan untuk mengetahui keseriusan, keterbukaan, kejujuran, dan rasa percaya diri. Selain itu dapat dinilai pula tingkat kesantaian, kepekaan umum dan khusus serta pengetahuan umum calon panelis.

  1. Tahap Pemilihan

Pada tahap ini dilakukan beberapa uji sensorik untuk mengetahui kemampuan seseorang. Dengan uji-uji ini diharapkan dapat terjaring informasi mengenai kepekaan dan pengetahuan mengenai komoditi bahan yang diujikan. Metoda yang digunakan dalam pemilihan panelis ini dapat berdasarkan intuisi dan rasional, namun umumnya dilakukan uji keterandalan panelis melalui analisis sekuensial dengan uji pesangan, duo-trio dan uji segitiga atau dengan uji rangsanganyang akan diterangkan lebih lanjut

  1. Tahap Latihan

Latihan bertujuan untuk pengenalan lebih lanjut sifat-sifat sensorik suatu komoditi dan meningkatkan kepekaan serta konsistensi penilaian. Sebelum tahap latihan dimulai, panelis perlu diberikan instruksi yang jelas mengenai uji yang akan dilakukan dan larangan yang disyaratkan seperti larangan untuk merokok, minum minuman keras, menggunakan parfum dan lainnya. Lama dari intensitas latihan sangat tergantung pada jenis analisis dan jenis komoditi yang diuji.

  1. Uji Kemampuan

Setelah mendapat latihan yang cukup baik, panelis diuji kemampuannya terhadap baku atau standar tertentu dan dilakukan berulang-berulang sehingga kepekaan dan konsistensinya bertambah baik. Setelah melewati kelima tahap tersebut di atas maka panelis siap menjadi anggota panelis terlatih.

C. Laboratorium Pengujian

Untuk melakukan uji organoleptik dibutuhkan beberapa ruang yang terdiri dari bagian persiapan (dapur), ruang pencicip dan ruang tunggu atau ruang diskusi (gambar 1.1). Bagian dapur harus selalu bersih dan mempunyai sarana yang lengkap untuk uji organoleptik serta dilengkapi dengan ventilasi yang cukup.

Ruang pencicip mempunyai persyaratan yang lebih banyak, yaitu ruangan yang terisolasi dan kedap suara sehingga dapat dihindarkn komunikasi antar panelis, suhu ruang yang cukup sejuk (20-25oC) dengan kelembaban 65-70% dan mempunyai sumber cahaya yang baik dan netral, karena cahaya dapat mempengaruhi warna komoditi yang diuji.

Ruang isolasi dapat dibuat dengan penyekat oermanen atau penyekat sementara. Fasilitas pengujian ini sebaiknya dilengkapi dengan washtafel (gambar 1.2). sedangkan ruang tunggu harus cukup nyaman agar anggota panel cukup sabar untuk menunggu gilirannya. Apabila akan dilakukan uji organoleptik maka panelis harus mendapat penjelasan umum atau khusus yang dilakukan secara lisan atau tertulis dan memperoleh format pernyataan yang berisi instruksi dan respon yang harus diisinya. Selanjutnya panelis dipersilakan menempati ruang pencicip untuk kemudian disajikan contoh yang akan diuji.


Gambar 1.1 . Denah laboratorium organoleptik

D. Persiapan Contoh

Dalam evaluasi sensori, cara penyediaan contoh sangat perlu mendapat perhatian. Contoh dalam uji harus disajikan sedemikian rupa sehingga seragam dalam penampilannya. Bila tidak demikian, panelis akan mudah dipengaruhi penampilan contoh tersebut meskipun itu tidak termasuk kriteria yang akan diuji.

Penyajian contoh harus memperhatikan estetika dan beberapa hal lainnya seperti berikut:

1. Suhu

Contoh harus disajikan pada suhu yang seragam, suhu dimana contoh tersbuut biasa dikonsumsi. Misalkan dalam penyajian contoh sup, maka contoh tersebut harus disajikan dalam keadaan hangat (40-50oC). Penyajian conto dengan suhu yang ekstrim, yaitu kondisi dimana suhu contoh terlalu tinggi atau terlalu rendah akan menyebabkan kepekaan pencicipan berkurang. Selain itu suhu yang terlalu tinggi atau rendah akan mempengaruhi terhadap pengukuran aroma dan flavor.

2. Ukuran

Contoh untuk uji organoleptik juga harus disajikan dengan ukuran seragam. Untuk contoh padatan dapat disajikan dalam bentuk kubus, segiempat atau menurut bentuk asli contoh. Selain itu contoh harus disajikan dalam ukuran yang biasa dikonsumsi, misalnya penyajian 5-15 gram contoh untuk sekali cicip. Contoh keju cukup disajikan dalam bentuk kubus seberat kurang lebih 1 gram.

Untuk contoh air dapat disajikan contoh berukuran 5-15 ml dan tergantung pada jenis contohnya. Apabila akan diambil contoh dari kemasan tertentu, misalkan produk minuman kaleng, perlu dilakukan pencampuran dan pengadukan contoh dari beberapa kaleng

3. Kode

Penamaan contoh harus dilakukan sedemikian rupa sehingga panelis tidak dapat menebak isi contoh tersebut berdasarkan penamaannya. Untuk pemberian nama biasanya digunakan 3 angkacrab atau 3 huruf secara acak. Pemberian nama secara berurutan biasanya menimbulkan bias, karena panelis terbawa untuk meberikan penilaian terbaik untuk contoh yang bernama/berkode awal ( misal 1 dan A) dan memberikan nilai terendah untuk contoh yang berkode akhir (misal 3 atau C) pada suatu pemberian nama/kode sampai 1,2,3 atau A,B,C

4. Jumlah contoh

Pemberian contoh dalam setiap pengujian sangat tergantung pada jenis uji yang dilakukan. dalam uji pembedaan akan disajikan jumlah contoh yang lebih sedikit dari uji penerimaan. selain itu kesulitan factor yang akan diuji juga mempengaruhi jumlah contoh yang akan disajikan.

Sebagai contoh, bila akan diuji contoh dengan sifat tertentu sepaerti es krim (dikonsumsi dalam keadaan beku), maka pemberian contoh untuk setiap pengujian tidak lebih dari 6 contoh, Karena apabila lebih dari jumlah tersebut produk es krim sudah meleleh sebelum pengujian. Factor lain yang harus dipertimbangkan adalah waktu yang disediakan oleh panelis dan tingkat persediaan produk.

Urutan penyajian contoh juga dapat mempengaruhi penilaian panelis terhadap contoh. dalam uji organoleptik dikenal beberapa pengaruh pengujian seperti tersebut di bawah ini :

1. Expectation error

Terjadi karena panelis telah menerima informasi tentang pengujian. oleh karena itu sebaiknya panel diberikan informasi yang mendetail tentang pengujian dan sample diberi kode 3 digit agar tidak dapat dikenali oleh panelis.

2. Convergen error

Panelis cenderung memberikan penilaian lebih baik atau lebih buruk apabila didahului pemberian sample yang lebih baik atau lebih buruk.

3. Stimulus error

Terjadi karena penampakan sample yang tidak seragam sehingga panel ragu-ragu dalam memberikan penilaian.

4. Logical error

Mirip dengan stimulus error, dimana panelis memberikan penilaiannya berdasarkan karakteristik tertentu menurut logikanyaa. Karakteristik tersebut akan berhubungan dengan karakteristik lainnya.

5. Holo efek

Terjadi karena evaluasi sample dilakukan terhadap lebih dari 1 (satu) factor sehingga panelis memberikan kesan yang umum dari suatu produk

6. Efek kontras

Pemberian sample yang berkualitas lebih baik sebelum sample lainnya mengakibatkan panelis terhadap sample yang berikutnya, sebab lebih rendah. panelis cenderung memberi mutu rata-rata

7. Motivasi

Respon dari seorang panelis akan mempengaruhi persepsi sensorinya. Oleh karena itu penggunaan panelis yang terbaik (termotivasi) dengan pengujian akan memberikan hasil yang lebih baik

8. Sugesti

Respon dari seoarang panelis akan mempengaruhi panelis lainnya. Oleh karena itu pengujian dilakukan secara individu

9. Posisi bias

Dalam beberpa uji terutama uji segitiga. Gejala ini terjadi akibat kecilnya perbedaan antar sampel sehingga panelis cenderung memilih sampel yang ditengah sebagai sampel paling berbeda.

BAB III. UJI PEMBEDAAN

UJI PEMBEDAAN PASANGAN

A. Pendahuluan

Uji pembedaan pasangan yang juga disebut dengan paired comperation, paired test atau comparation merupakan uji yang sederhana dan berfungsi untuk menilai ada tidaknya perbedaan antara dua macam produk. Biasanya produk yang diuji adalah jenis produk baru kemudian dibandingkan dengan produk terdahulu yang sudah diterima oleh masyarakat.

Dalam penggunaannya uji pembedaan pasangan dapat memakai produk baku sebagai acuan atau hanya membandingkan dua contoh produk yang diuji. Sifat atau kriteria contoh disajikan tersebut harus jelas dan mudah untuk dipahami oleh panelis.

B. Organisasi Pengujian

Jumlah Panelis : Agak terlatih : 15 – 25 orang

Terlatih : 7 – 15 orang

Jumlah contoh dalam setiap penyajian :Dua contoh atau 1 contoh uji dengan satu contoh baku

C. Cara Penyajian Contoh

Contoh disajikan satu per satu atau dua contoh sekaligus (Gambar 3.1 dan 3.2). Gambar 3.1 menunjukkan contoh pembanding (P) dan contoh yang diujikan (A), sedangkan pada Gambar 3.2 terlihat dua contoh (A dan B) yang harus dinilai.


P A : 513

Gambar 3.1. Cara penyajian contoh dengan pembanding dalam uji Pembedaan Pasangan


A : 948 B : 481

Gambar 3.2. Cara penyajian contoh tanpa pembanding dalam uji Pembedaan Pasangan

Penyajian contoh dengan pembanding atau baku harus dilakukan penilaian awal terhadap pembanding, sehingga penyajian dilakukan satu persatu diawali dengan pembanding. Penyajian contoh tanpa menggunakan pembanding dapat dilakukan sacara acak. Sebagai contoh dapat disajikan sirup dari dua macam merek dengan bahan baku yang sama.

D. Cara Penilaian

Panelis diminta untuk mengisi formulir isian tersebut dengan memberikan angka 1 (satu) apabila terdapat perbedaan dan angka 0 (nol) bila tidak terdapat perbedaan kriteria penilaian.

Gambar 3.3. Contoh formulir isian untuk Uji Pembedaan Pasangan


Nama Panelis :

Tanggal Pengujian :

Jenis Contoh :

Kriteria yang dinilai :

Intruksi : Nyatakan apakah contoh yang disajikan sama atau berbeda dengan contoh baku. Bila sama beri tanda 0, sedangkan bila berbeda beri tanda 1.


E. Cara Analisis

Pembedaan pasangan menggunakan 2 (dua) contoh produk, sehingga peluang setiap bentuk dipilih adalah 0,5. kemudian seluruh penilaian panelis tersebut ditabulasikan. Penilaian lalu dibandingkan dengan tabel jumlah terkecil untuk menyatakan suatu contoh melalui metode distribusi binomial.

Pada pengujian sirup, kriteria penilaian yang digunakan adalah rasa dan kemanisan, dan untuk keripik adalah rasa dan kerenyahan (tabel 3.1).

Tabel 3.1. Data uji pasangan sirup dan keripik dari 15 orang panelis

Panelis

Sirup

Keripik

Rasa

Kemanisan

Rasa

Kerenyahan

P1

P2

P3

P4

P5

P6

P7

P8

P9

P10

P11

P12

P13

P14

P15

0

0

0

1

0

0

0

0

1

1

1

0

0

0

0

1

1

1

1

1

1

1

1

1

0

1

1

0

0

1

0

0

1

0

0

0

0

0

0

1

0

0

0

0

0

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

0

1

1

1

Jumlah

4

12

2

14

Data yang terdapat pada tabel 3.1 kemudian dicocokkan dengan lampiran 1 atau lamp. 2 untuk mengetahui perbedaan antar contoh yang diujikan. Dengan menggunakan Lampiran 1dapat diperoleh jumlah terkecil yang diperlukan untuk menyatakan beda nyata pada kedua contoh tersebut. Untuk jumlah panelis 15 orang adalah 12 orang pada tingkat 5%, 13 orang pada tingkat 1% dan 14 orang pada tingkat 0,1%. Suatu produk dinyatakan beda dengan pembanding atau dengan produk lainnya bila jumlah panelis yang menyatakan beda sesuai dengan jumlah tersebut.

Berdasarkan uji yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

Tidak terdeteksi adanya perbedaan rasa sirup pada tingkat 5%

Kemanisan kedua sirup berbeda nyata pada tingkat 5%

Tidak terdeteksi adanya perbedaan rasa keripik pada tingkat 5%

Kerenyahan kedua jenis keripik berbeda nyata pada tingkat 1%

UJI PEMBEDAAN SEGITIGA

A. Pendahuluan

Uji pembedaan segitiga atau disebut juga triangle test merupakan uji untuk mendeteksi perbedaan yang kecil, karenanya uji ini lebih peka dibandingkan dengan Uji Pasangan. Dalam Uji Segitiga disajikan 3 contoh sekaligus dan tidak dikenal adanya contoh pembanding atau contoh baku. Penyajian contoh dalam uji segitiga sedapat mungkin harus dibuat seragam agar tidak terdapat kesalahan atau bias karena pengaruh penyajian contoh.

B. Organisasi Pengujian

Jumlah Panelis

Agak Terlatih : 15 – 25 orang

Terlatih : 5 – 15 orang

Jumlah contoh dalam setiap penyajian : Tiga Contoh

C. Cara Penyajian Contoh

Dalam uji segitiga ini disajikan 3 buah contoh sekaligus secara acak. Satu dari ketiga contoh tersebut berbeda dengan dua contoh lainnya (Gambar 3.4). Contoh A adalah contoh yang berbeda dengan dua contoh B. Kode diberikan secara acak pada ke 3 contoh tersebut. Sebagai contoh dapat disajikan 3 jenis susu sapi pasturisasi dari 3 merek yang berbeda.


B : 893 A : 763 B : 487

Gambar 3.4. Cara penyajian contoh dalam Uji Segitiga

D. CaraPenilaian

Panelis diminta untuk menilai atau mencari contoh yang berbeda diantara ketiga contoh tersebut. Panelis harus menunjukkan satu contoh yang berbeda dengan menuliskan angka 1 dan apabila contoh sama dituliskan angka 0. Hasil penilaiannya dituliskan dalam formulir isian seperti contoh pada gambar 3.5.


Nama Panelis :

Tanggal Pengujian :

Jenis Contoh :

Instruksi : Nyatakan salah satu contoh yang berbeda diantara ketiga contoh ini dan beri tanda 1.

Kode

Kriteria Penilaian

Warna

Kehalusan

Rasa

876

745

269

Gambar 3.5. Contoh formulir isian untuk Uji Segitiga

E. Cara Analisis

Karena pada Uji Segitiga disajikan 3 contoh, peluang panelis menilai benar adalah 1/3. Hasil penilaian panelis ditabelkan dan dianalisis dengan distribusi binomial atau tabel statistik seperti contoh berikut.

Tabel 3.2. Data Uji Segitiga dari 10 orang panelis

Panelis

Susu

Warna

Kehalusan

Rasa

893

763

487

893

763

487

893

763

487

P1

P2

P3

P4

P5

P6

P7

P8

P9

P10

1

0

0

0

0

0

0

0

0

0

0

0

0

1

1

1

1

1

1

1

0

1

1

0

0

0

0

0

0

0

0

1

0

0

0

0

1

0

0

0

0

0

0

1

1

1

0

1

1

0

1

0

1

0

0

0

0

0

0

1

0

0

0

0

0

0

0

0

0

0

1

0

1

1

1

1

0

0

0

1

0

1

0

0

0

0

1

1

1

0

Jumlah

1

7

2

2

5

3

0

6

4

Dari tabel 3.2 dengan menggunakan tabel pada lampiran 2, maka untuk sepuluh orang panelis masing-masing diperlukan pendapat dari 7, 8, 9 orang pada tingkat 5, 1, 0,1% untuk menunjukkan adanya perbedaan. Dari hasil analisis dapat diambil kesimpulan :

Untuk kriteria warna susu, susu A dn susu B berbeda nyata pada tingkat 5%.

Untuk kriteria kehalusan dan rasa, panelis tidak dapat menyatakan adanya perbedaan yang nyata karena jumlah panelis yang menjawab dengan tepat contoh yang berbeda belum memenuhi jumlah yang ditetapkan.

UJI PEMBEDAAN DUO-TRIO

A. Pendahuluan

Seperti halnya Uji Segitiga, Uji ini dapat digunakan untuk mendeteksi adanya perbedaan yang kecil antara dua contoh. Uji ini relatif lebih mudah karena adanya contoh baku dalam pengujian. Biasanya Uji Duo-trio digunakan untuk melihat perlakuan baru terhadap mutu produk ataupun menilai keseragaman mutu bahan.

B. Organisasi Pengujian

Jumlah Panelis : Agak terlatih : 15 – 25 orang

Terlatih : 5 – 15 orang

Jumlah contoh setiap pengujian : Dua contoh dengan 1 contoh baku

C. Cara Penyajian Contoh

Pada setiap panelis dihadapkan 3 contoh. Dua dari contoh tersebut berasal dari jenis contoh yang sama sedangkan 1 contoh yang lain berbeda. Dalam penyajiannya, ketiga contoh tersebut dapat diberikan secara bersamaan atau contoh bakunya diberikan terlebih dahulu untuk dinilai.

Cara penyajian contoh dapat dilihat pada gambar 3.6.


A/P : 810 A : 521 B : 307

gambar 3.6. Cara penyajian contoh dalam Uji Duo Trio

D. Cara Penilaian

Pada Uji Duo-trio panelis diminta untuk mengenali contoh yang berbeda atau contoh yang sama dengan contoh baku. Panelis harus mengenal contoh baku terlebih dahulu dan kemudian memilih salah satu dari dua contoh yang lain yang sama dengan contoh baku dan ditandai dengan angka 0. Peluang untuk memilih benar adalah 0,5. Respon panelis dituliskan dlm formulir seperti pada gambar

Nama Panelis :

Tanggal Pengujian :

Jenis Contoh :

Instruksi : Nyatakan salah satu contoh yang berbeda diantara ketiga contoh ini dan beri tanda 1.

Kode

Kriteria Penilaian

Warna

Kehalusan

Rasa

307

521

Gambar 3.7. Contoh formulir isian untuk Uji Duo Trio

E. Cara Analisis

Data yang diperoleh ditabulasi dan dianalisis dengan distribusi binomial atau dengan dibandingkan dengan tabel statistik (lampiran 1)

Tabel 3.2. Data Uji Duo-trio dari 10 orang panelis

Panelis

Susu

Warna

Kehalusan

Rasa

521

307

521

307

521

307

P1

P2

P3

P4

P5

P6

P7

P8

P9

P10

0

0

1

1

1

1

1

1

1

0

1

1

0

0

0

0

0

0

0

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

0

0

0

0

0

0

0

0

0

0

1

1

1

0

0

0

1

1

1

0

0

0

0

1

1

1

0

0

0

1

1

Jumlah

7

3

9

1

5

5

Dari tabel 3.3 terlihat bahwa kriteria warna, kehalusan dan rasa susu, panelis yang menilai dengan benar adalah 7, 9, dan 5 orang. Sedangkan menurut tabel Lampiran 1, dengan 10 orang panelis jumlah terkecil untuk menyatakan beda nyata adlah 9 dan 10 masing-masing pada tingkat 5 dan 1 %.

Dari data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa untuk kriteria warna dan rasa antara susu A dan susu B belum dapat dikatakan memiliki mutu yang berbeda karena jumlah panelis menyatakan sama masih dibawah persyaratan yang diminta sedangkan untuk kriteria kehalusan ternyata antara susu A dan susu B terdapat perbedaan pada tingkat 5%

BAB IV. UJI KESUKAAN

A. Uji Kesukaan (Uji Hedonik)

Uji kesukaan juga disebut uji hedonik. Panelis dimintakan tanggapan pribadinya tentang kesukaan atau sebaliknya (ketidaksukaan). Disamping panelis mengemukakan tanggapan senang, suka atau kebalikannya, mereka juga mengemukakan tingkat kesukaannya. Tingkat – tingkat kesukaan ini disebut skala hedonik. Misalnya dalam hal “ suka “ dapat mempunyai skala hedonik seperti : amat sangat suka, sangat suka, suka, agak suka. Sebaliknya jika tanggapan itu “ tidak suka “ dapat mempunyai skala hedonik seperti suka dan agak suka, terdapat tanggapannya yang disebut sebagai netral, yaitu bukan suka tetapi juga bukan tidak suka ( neither like nor dislike ).

Skala hedonik dapat direntangkan atau diciutkan menurut rentangan skala yang ikehendakinya. Skala hedonik dapat juga diubah menjadi skala numerik dengan angka mutu menurut tingkat kesukaan. Dengan data numeric ini dapat dilakukan analisis secara statistik. Penggunaan skala hedonik pada prakteknya dapat digunakan untuk mengetahui perbedaan. Sehingga uji hedonic sering digunakan untuk menilai secara organoleptik terhadap komoditas sejenis atau produk pengembangan. Uji hedonik banyak digunakan untuk menilai produk akhir.

Organisasi Pengujian

Jumlah Panelis, Agak Terlatih : 20 – 25 Orang

Tidak Terlatih : 80 Orang keatas

Jumlah contoh setiap penyajian

- Contoh yang sulit dinilai : 1 – 6 contoh

- Contoh yang mudah dinilai : 1 – 12 contoh

Cara Penyajian Contoh

Contoh uji hedonik disajikan secara acak dan dalam memberikan penilaian panelis tidak mengulang-ulang penilaian atau membanding-mbandingkan contoh yang disajikan. Sehingga untuk satu panelis yang tidak terlatih, sebaiknya contoh disajikan satu per satu hingga panelis tidak akan membanding-bandingkan satu contoh dengan lainnya. Sebagai contoh dapat disajikan 3 jenis teh kotak dari 3 macam merek. Cara penyajian contoh dapat dilihat pada gambar 4.1 dan 4.2 berikut ini.


815 558 394

Gambar 4.1. Cara penyajian contoh Uji Hedonik satu persatu


815 558 394

Gambar 4.2 Cara penyajian contoh Uji Hedonik sekaligus


B. Uji mutu hedonik

Berbeda dengan uji kesukaan uji mutu hedonik tidak menyatakan suka atau tidak suka melainkan menyatakan kesan tentang baik atau buruk. Kesan baik – buruk ini disebut kesan mutu hedonik. Karena itu beberapa ahli memasukkan uji mutu hedonik kedalam uji hedonik. Kesan mutu hedonik lebih spesifik dari pada sekedar kesan suka atau tidak suka. Mutu hedonik dapat bersifat umum, yaitu baik atau buruk dan bersifat spesifik seperti empuk / keras untuk daging, pulen – keras untuk nasi, renyah, liat untuk mentimun. Rentangan skala hedonik berkisar dari extrim baik sampai ke extrim jelek. Skala hedonik pada uji mutu hedonik sesuai dengan tingkat mutu hedonik. Jumlah tingkat skala juga bervariasi tergantung dari rentangan mutu yang diinginkan dan sensitivitas antar skala. Skala hedonik untuk uji mutu hedonik dapat berarah satu dan berarah dua. Seperti halnya pada uji kesukaan pada uji mutu hedonik, data penilaiaan dapat ditransformasi dalam skalanumerik dan selanjutnya dapat dianalisis statistik untuk interprestasinya

Statistika Pengolahan data pengujian organoleptik

Statistika pengelohan data dan laporan pengujian yang penting antara lain adalah penyusunan data atau penataan data sampai dengan diperoleh tentang jenis data frekuensi data. Tampilan data dalam bentuk tabel, grafik atau diagram perlu untuk meningkatkan kualitas informasi. Selanjutnya adalah tahapan pengolahan data yang meliputi analisis pemusatan dan penyebaran data. Pengolahan data suatu pengujian bertujuan untuk mendapatkan nilai:

- Nilai rata-rata atau nilai tengah pengujian

- Keragaman dari nilai pengujian

- Simpangan baku dari nilai-nilai pengujian

Cara pengolahan data yang sering digunakan adalah dengan menggunakan analisis keragaman /analisis peragam ( Analisys of varian atau ANOVA). Berikut disajikan sebuah data hasil pengujian organoleptik yang dihimpun dari hasil pengindraan 15 orang panelis yang diberi tugas untuk menilai kesuakaannya terhadap sejumlah contoh. Dalam uji ini panelis diminta untuk menentukan tingkat kesukaannya terhadap rasa manis dari 5 contoh manisan nata de coco dengan keriteria penilaian kesan sebagai berikut:

Nilai 3 jika kurang manis ( kurang /tidak suka)

Nilai 5 jika cukup manis ( agak suka)

Nilai 7 jika manis (suka)

Nilai 9 jika sangat manis ( sangat suka)

Data hasil pengujian ditampilkan dalam tabel analisis sebagai berikut:

Nilai numerik organoleptik:

3 = tidak suka

5 = agak suka

7 = suka

9 = sangat suka

kuantitasi nilai pada parameter organoleptik pada hasil uji, dapat disusun sesuai kesepakatan yang dihasilkan antara panelis dengan penguji, dilakukan pada waktu pertemuan atau riefing.

Analisis sidik ragam ( Analysis of Variance ) adalah analisis yang paling umum digunakan untuk mengolah data secara kuantitatif.

Faktor koreksi = Fk = Jkt/ (n1 x n2) =

Jk Contoh = (JKT /n1) – Fk =

Jk Panelis = Jk Panelis= (JKT/n2)- Fk =

Total Jk = JKT– Fk

db contoh = n2 -1 =

db Panelis = n1 -1 =

db Kesalahan = db Total – ( db n1 + db n2 ) =

db Total = (n1 x n2 ) – 1 =

Jk Kesalahan = Total Jk – (Jk Contoh + Jk panelis) =

Kuadrat tengah Contoh = KT Contoh = JK contoh / db contoh

Kuadrat tengah Panelis = KT Panbelis = JK Panelis / db Panelis

KT Kesalahan (galat) = Jk Kesalahan / db Kesalahan

F Hitung Panelis = KT Contoh / KT panelis


Kesimpulan jika Harga F hitung lebih besar dari pada F tabel, berarti di antara kadar gula manisan nata contoh, terdapat perbedaan yang berpengaruh secara nyata (signifikan) terhadap penerimaan konsumen (panelis). Jika nilai F hitung lebih kecil dari nilai F tabel berarti yang sebaliknya.

Example : Panelis akan menguji warna dari tiga jenis sirup dan responnya dituliska pada formulir seperti pada gambar


Nama Panelis :

Tanggal Pengujian :

Jenis Pengujian :

Jenis Contoh :

Instruksi : Berikan penilaian terhadap warna contoh yang disajikan dan alasan singkat terhadap penilaian tersebut

Penilaian

Kode Bahan

815

558

384

Amat sangat baik

Sangat baik

Baik

Sedang

Jelek

Sangat jelek

Catatan : 815 :

558 :

384 :

Cara Analisis :

Hal yang harus dilakukan terhadap penilaian panelis tersebut adalah mengkonversikan hasil uji dalam suatu skala numerik. Misalnya untuk warna sirup yang amat sangat baik diberi nilai 6 dan nilai 1 diberikan untuk warna sirup yang sangat jelek. Maka hasil pengujian tersebut dapat ditabulasikan seperti pada Tabel berikut

Panelis

815

558

394

Total

P1

3

2

3

8

P2

4

6

4

14

P3

3

2

3

8

P4

1

4

2

7

P5

2

4

2

8

P6

1

3

3

7

P7

2

6

4

12

P8

2

6

2

10

Jumlah

18

33

23

74

FK = = 228,17

JK Contoh = - 228,17

= 14,58

JK Panelis = - 228,17

JK Total = 32 + 42 + 32 + ... + 22 – 228,17

= 47,83

Daftar sidik ragam contoh sirup

Sumber keragaman

db

JK

KT

F Hitung

F Tabel

5%

1%

Contoh

2

14,58

7,29

3,36

3,74

6,51

Panelis

7

15,16

2,17

Galat/Kesalahan

14

18,09

Total

23

47,83

Kesimpulan :

F Hitung < style=""> 5% à Tidak ada Beda nyata

F Hitung <>à Tidak ada beda nyata antar contoh pada tingkat 1%

Lampiran 1. Jumlah terkecil untuk menyatakan beda nyata pada Uji Pasangan, Uji Duo Trio, Uji Pembanding Jamak dan Uji Rangsangan Tunggal.

Jumlah Penguji

Jumlah terkecil untuk beda nyata tingkat

Jumlah Penguji

Jumlah terkecil untuk beda nyata tingkat

5%

1%

0,1%

5%

1%

0,1%

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

32

33

34

35

6

7

8

8

9

10

10

11

12

12

13

13

14

15

15

16

17

17

18

18

19

20

20

21

21

22

23

23

24

24

8

9

10

11

11

12

13

13

14

15

15

16

17

17

18

19

19

20

20

21

22

22

23

24

24

25

25

26

11

12

13

14

14

15

16

17

17

18

19

19

20

21

21

22

23

23

24

25

25

26

27

27

28

36

37

38

39

40

41

42

43

44

45

46

47

48

49

50

52

54

56

58

60

62

64

66

68

70

92

94

96

98

100

25

25

26

27

27

28

28

29

29

30

30

31

3

32

33

34

35

36

37

39

40

41

42

43

44

56

57

59

60

61

27

27

28

28

29

30

30

31

31

32

33

33

34

34

35

36

37

39

40

41

42

43

44

46

47

59

60

62

63

64

29

29

30

31

31

32

32

33

34

34

35

36

36

37

37

39

40

41

42

44

45

46

47

48

50

63

64

65

66

67


Lampiran 2. Jumlah terkecil untuk menyatakan beda nyata pada Uji Segitiga

Jumlah Penguji

Jumlah terkecil untuk beda nyata tingkat

Jumlah Penguji

Jumlah terkecil untuk beda nyata tingkat

5%

1%

0,1%

5%

1%

0,1%

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

32

3

4

4

5

5

6

6

7

7

8

8

9

9

9

10

10

11

11

12

12

12

13

13

14

14

15

15

15

16

16

5

6

6

7

7

8

8

9

9

10

10

11

11

12

13

13

13

14

14

15

15

15

16

16

17

17

18

18

7

8

8

9

10

10

11

11

12

12

13

13

14

14

15

15

16

16

17

17

18

18

19

19

20

20

33

34

35

36

37

38

39

40

41

42

43

44

45

46

47

48

49

50

52

54

56

58

60

62

64

66

68

72

74

76

78

80

17

17

17

18

18

19

19

19

20

20

21

21

21

22

22

22

23

23

24

25

26

26

27

28

29

29

30

32

32

33

34

35

18

19

19

20

20

21

21

21

22

22

23

23

24

24

24

25

25

26

26

27

28

29

30

30

31

32

33

34

35

36

37

38

21

21

22

22

22

23

23

24

24

25

25

26

26

27

27

27

28

28

29

30

31

32

33

33

34

35

36

38

39

39

40

41


Lampiran 3. Harga nisbah F terendah untuk menyatakan beda nyata pada tingkat 1%

db penyebut

db pembilang

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

12

15

20

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

40

4052

98.50

34.12

21.20

16.26

13.75

12.25

11.26

10.56

10.04

9.65

9.33

9.07

8.86

8.68

8.53

8.40

8.29

8.18

8.16

8.02

7.95

7.88

7.82

7.77

7.72

7.68

7.64

7.60

7.56

7.31

4999.5

99.00

80.82

18.00

13.27

10.92

9.55

8.65

8.02

7.56

7.21

6.93

6.70

6.51

6.36

6.23

6.11

6.01

5.93

5.85

5.78

5.72

5.66

5.61

5.57

5.53

5.49

5.45

5.42

5.39

5.18

5403

99.17

29.46

16.69

12.06

9.78

8.45

7.59

6.00

6.55

6.22

5.95

5.74

5.56

5.42

5.20

5.18

5.09

5.01

4.94

4.87

4.82

4.76

4.72

4.68

4.64

4.60

4.57

4.54

4.51

4.31

5625

99.25

23.71

15.98

11.39

9.15

7.85

7.01

6.42

5.99

5.67

5.41

5.21

5.04

4.89

4.77

4.67

4.58

4.50

4.43

4.37

4.31

4.26

4.22

4.18

4.14

4.11

4.07

4.04

4.02

3.83

5764

99.30

28.24

15.52

10.97

8.75

7.46

6.63

6.06

5.64

5.32

5.06

4.86

4.69

4.56

4.44

4.34

4.25

4.17

4.10

4.04

3.99

3.94

3.90

3.85

3.82

3.78

3.75

3.73

3.70

3.51

5859

99.33

27.91

15.21

10.67

8.47

4.19

6.37

5.80

5.39

5.07

4.82

4.62

4.46

4.32

4.20

4.10

4.01

3.94

3.87

3.81

3.76

3.71

3.67

3.63

3.59

3.56

3.53

3.50

3.47

3.29

5928

99.36

27.67

14.98

10.46

8.26

6.99

6.18

5.61

5.20

4.89

4.64

4.44

4.28

4.14

4.03

3.93

3.84

3.77

3.70

3.64

3.59

3.54

3.50

3.46

3.42

3.39

3.36

3.33

3.30

3.12

5982

99.37

27.49

14.80

10.29

8.10

6.84

6.03

5.47

5.06

4.74

4.50

4.30

4.14

4.00

3.89

3.79

3.71

3.63

3.56

3.51

3.45

3.41

3.36

3.32

3.29

3.26

3.23

3.20

3.17

2.99

6022

99.39

27.35

14.66

10.16

7.98

6.72

5.91

5.35

4.94

4.63

4.39

4.19

4.03

3.89

3.78

3.68

3.60

3.52

3.46

3.40

3.35

3.30

3.26

3.22

3.18

3.15

3.12

3.09

3.07

2.89

6056

99.40

27.23

14.55

10.05

7.76

6.62

5.81

5.26

4.85

4.54

4.30

4.10

3.94

3.80

3.69

3.59

3.51

3.43

3.37

3.31

3.26

3.21

3.17

3.13

3.09

3.06

3.03

3.00

2.98

2.80

6106

99.42

27.05

14.37

9.89

7.72

6.47

5.67

5.11

4.71

4.40

4.16

3.96

3.80

3.67

3.55

3.46

3.37

3.30

3.23

3.17

3.12

3.07

3.03

2.99

2.96

2.93

2.90

2.87

2.84

2.66

6157

99.43

26.87

14.20

9.72

7.56

6.31

5.52

4.96

4.56

4.25

4.01

3.82

3.66

3.52

3.41

3.31

3.23

3.15

3.09

3.03

2.98

2.93

2.89

2.85

2.61

2.78

2.75

2.73

2.70

2.52

6209

99.45

26.69

14.02

9.55

7.40

6.16

5.36

4.81

4.41

4.10

3.86

3.66

3.51

3.37

3.26

3.16

3.08

3.00

2.94

2.88

2.83

2.78

2.74

2.70

2.66

2.63

2.60

2.57

2.55

2.37

Lampiran 4. Harga nisbah F terendah untuk menyatakan beda nyata pada tingkat 5%

db penyebut

db pembilang

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

12

15

20

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

40

161.40

18.51

10.13

7.71

6.61

5.99

5.59

5.32

5.12

4.96

4.84

4.75

4.67

4.60

4.54

4.49

4.45

4.41

4.38

4.35

4.32

4.30

4.28

4.26

4.24

4.23

4.21

4.20

4.18

4.17

4.08

199.50

19.00

9.55

6.95

5.79

5.14

4.74

4.46

4.26

4.10

3.98

3.89

3.81

3.74

3.68

3.63

3.59

3.55

3.52

3.49

3.47

3.44

3.42

3.40

3.39

3.37

3.35

3.34

3.33

3.32

3.23

215.70

19.16

9.28

6.59

5.41

4.76

4.35

4.07

3.83

3.71

3.59

3.49

3.41

3.34

3.29

3.24

3.20

3.16

3.13

3.10

3.07

3.05

3.03

3.01

2.99

2.98

2.96

2.95

2.93

2.92

2.84

224.60

19.25

9.12

6.39

5.19

4.53

4.12

3.84

3.63

3.48

3.36

3.26

3.18

3.11

3.06

3.01

2.96

2.93

2.90

2.87

2.84

2.82

2.80

2.78

2.76

2.74

2.73

2.71

2.70

2.69

2.61

230.20

19.30

9.01

6.26

5.05

4.39

3.97

3.69

3.48

3.33

3.20

3.11

3.03

2.96

2.90

2.85

2.81

2.77

2.74

2.71

2.68

2.66

2.64

2.62

2.60

2.59

2.57

2.56

2.55

2.53

2.45

234.00

19.33

8.94

6.18

4.95

4.28

3.87

3.58

3.37

3.22

3.09

3.00

2.92

2.85

2.79

2.74

2.70

2.66

2.63

2.60

2.57

2.55

2.53

2.51

2.49

2.47

2.46

2.45

2.43

2.42

2.34

236.80

19.35

8.89

6.09

4.88

4.21

3.79

3.50

3.29

3.14

3.01

2.91

2.83

2.76

2.71

2.66

2.61

2.58

2.54

2.51

2.49

2.46

2.44

2.42

2.40

2.39

2.37

2.36

2.35

2.33

2.25

238.90

19.37

8.85

6.04

4.82

4.15

3.73

3.44

3.23

3.07

3.95

2.85

2.77

2.70

2.64

2.59

2.55

2.51

2.48

2.45

2.42

2.40

2.37

2.36

2.34

2.32

2.31

2.29

2.28

2.27

2.18

240.50

19.38

8.81

6.00

4.77

4.10

3.68

3.39

3.18

3.02

2.90

2.80

2.71

2.65

2.59

2.54

2.49

2.46

2.42

2.39

2.37

2.34

2.32

2.30

2.28

2.27

2.25

2.24

2.22

2.21

2.12

241.90

19.40

8.79

5.96

4.74

4.06

4.64

3.35

3.14

2.98

2.85

2.75

2.67

2.60

2.54

2.49

2.45

2.41

2.38

2.35

2.32

2.30

2.27

2.25

2.24

2.22

2.20

2.19

2.18

2.16

2.08

243.90

19.41

8.74

5.91

4.68

4.00

3.57

3.28

3.03

2.91

2.79

2.69

2.60

2.53

2.48

2.42

2.38

2.34

2.31

2.28

2.25

2.23

2.20

2.18

2.16

2.15

2.13

2.12

2.10

2.09

2.00

245.90

19.43

8.70

5.86

4.62

3.94

3.51

3.22

3.01

2.85

2.72

2.62

2.53

2.46

2.40

2.35

2.31

2.27

2.23

2.20

2.18

2.15

2.13

2.11

2.09

2.07

2.06

2.04

2.03

2.01

1.92

248.10

19.45

8.66

5.80

4.68

3.87

3.44

3.15

2.94

2.77

2.65

2.54

2.46

2.39

2.33

2.28

2.23

2.19

2.16

2.12

2.10

2.07

2.05

2.03

2.01

1.99

1.97

1.95

1.94

1.93

1.84

Share

8 komentar:

  1. artikel yg sgt bagus dan bmanfaat buat saya, klo boleh masukan, alangkah lbh baik lg jika ditambahkan daftar referensi2 nya,krna sy yakin artikel ini bukan anda sndri yg mbuat kan (jk itu mngutip dr sumber lain)

    BalasHapus
  2. saya minta tolg gambar denah laboratorium lab-nya ya...plz.. thx be4

    BalasHapus
  3. Trima kasih mas sangat berguna Infonya

    BalasHapus
  4. bagus berguna tapi kasih referensi ya ok

    BalasHapus
  5. mau referensinya dunkz....

    BalasHapus
  6. DAFTAR PUSTAKANYA MIND MANA?

    BalasHapus
  7. mau tau refrensinya dong, buat tugas...

    BalasHapus